Booster; Sarana Peningkatan Literasi Melalui Pengurangan Sampah Kertas

 

STOPPRESS, MP – Inisiatif mengurangi sampah kertas dituangkan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dalam kampanye yang berjudul Books Porter (Booster). Inisiatif ini mengajak para mahasiswa untuk mendonasikan buku, kertas-kertas, atau catatan layak baca. Hasil donasi akan didistribusikan kembali kepada mahasiswa, pelajar, Perpustakaan Umum, dan pendaur ulang kertas di Bandung.

“Ide ini dimulai ketika saya mau pindahan. Saya merasa banyak sekali kertas yang sudah tidak saya gunakan tapi dapat dipakai oleh orang lain,” ujar Catharina Dheani (HI 2014) yang akrab dipanggil Dhea sebagai salah satu Co-Founder dari Booster bersama dengan Annisa Laksmintari (HI 2014). Menurutnya, kertas-kertas ini dapat berguna dan meningkatkan literasi bagi orang lain.

Ide ini diimplementasikan menjadi program Booster setelah masuk ke dalam Top 20 World Resources Institute Indonesia (WRI) Crowdsourcing Idea. Dhea juga menjelaskan bahwa penggunaan kertas yang berlebihan akan berdampak buruk pada lingkungan. “Produksi 200 lembar kertas pun memproduksi CO2 setara dengan mobil yang berjalan 1000km,” lanjut Dhea.

Sampai sekarang Booster sendiri sudah mengumpulkan sebanyak kurang lebih 250 buku dan kertas dari target 500. Drop point – drop point Booster ini terdapat di Ruang Himpunan Student Center Hubungan Internasional (HI), Ekonomi Pembangunan, Arsitektur, Teknik Sipil, dan juga depan ruang Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM). Donasi ini dilakukan sampai 30 Oktober 2017.

Crowdsourcing merupakan salah satu konsep yang sering digunakan untuk menyelesaikan isu-isu social dan lingkungan. Konsep ini menggunakan kekuatan massa untuk mengumpulkan sesuatu yang dapat disumbangkan atau digunakan kembali oleh orang lain. Salah satu pihak yang sudah terkenal melakukan konsep ini di Indonesia adalah Kitabisa.com.

 

TANYA LEE NATHALIA

*tulisan diedit pada tanggal 31 Oktober 2017 dengan mengubah kata acara menjadi inisiatif

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *