BUT Sebut Pihak Yayasan Tolak Usulan Pemusatan Ruang Himpunan di Rooftop Gedung 10

STOPPRESS MP –Setelah sempat direncanakan dan didesain, usulan Biro Umum dan Teknik (BUT) mengenai lokasi pemusatan ruang himpunan (ruhim) di atas rooftop Gedung 10 ditolak pihak yayasan. Penolakan itu disebabkan lantaran pihak yayasan menginginkan adanya revitalisasi ruang terbuka ketimbang pembangunan bertingkat di tempat tersebut.

“Semua rencana pemusatan himpunan itu sebenarnya sudah ada di RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) dan sudah diajukan ke rektorat melalui WR2. Sudah diajukan juga ke Yayasan, tapi ditolak,” ujar Roni Sugiarto selaku kepala BUT saat diwawancarai di kantornya pada Selasa (7/2) lalu.

Roni Sugiarto pun menjelaskan bahwa wacana pemusatan ruhim tersebut dicetuskan pada saat acara Sore Bersama (sobers) September 2016 lalu. “Sudah dibuat rencananya dan diajukan ke yayasan sekitar Oktober sampai November 2016 lalu, tapi tidak disetujui,” jelasnya.

Alasannya, pihak yayasan menganggap bahwa rooftop Gedung 10 itu tidak boleh ada bangunan-bangunan bertingkat. Meskipun desainnya sudah dibuat, hal itu tak dapat dilakukan. Yayasan menginginkan adanya revitalisasi ruang terbuka di kawasan itu.

Salah satu Mahasiswa yaitu Rahmia Astari sekretaris HMPSArs periode 2016/2017 berpendapat bahwa penolakan itu merupakan suatu keputusan yang baik. Mia adalah salah seorang mahasiswa yang sama sekali tidak setuju dengan wacana itu. “Tiap himpunan punya kepentingan dan kebutuhannya masing-masing, memusatkan itu ga menyelesaikan masalah apapun, malah justru nimbulin masalah baru,” jelasnya

Meskipun demikian, ketika ditanya soal apakah rencana pemusatan ruang himpunan itu akan tetap dicanangkan di lain tempat, Roni mengatakan bahwa belum ada rencana pemindahan dalam waktu dekat ini. “Lihat saja nanti,” kata Roni.

Wacana pemusatan ruang himpunan di rooftop Gedung 10 merupakan bagian dari rencana penataan ruang di UNPAR. Sebelumnya, BUT sempat mengajukan rencana pemindahan kantin FISIP dan Teknik ke SC Ekonomi. Sebagai gantinya, ruang himpunan di kawasan tersebut dipindah-pusatkan ke rooftop Gedung 10.

FIQIH RIZKITA

(Baca juga : Ruang Himpunan Akan Dipusatkan Di Rooftop Gedung 10)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *