Media Parahyangan

Melihat dan Memaknai Isu Kampus Melalui “Catatan dari Kampus”

Peluncuran Buku "Catatan dari Kampus" - Kristiana Devina

STOPPRESS MP, UNPAR – “Saya merasakan teman-teman di Unpar tidak pernah punya kesadaran yang menyeluruh, terutama dalam hal ngomongin negara, boro-boro ngomongin negara, ngomongin kampus aja mereka tidak mau,” kata Richard Sianturi dalam acara Diskusi “Pemuda (Mahasiswa) dan Kesadaran Berperan bagi Bangsa” & Peluncuran Buku “Catatan dari Kampus” pada hari Senin (2/5) lalu.

Buku “Catatan dari Kampus” merupakan kumpulan essay dipadukan dengan puisi yang ditulis Richard Sianturi (Hukum 2012) dan Norman Gultom (Hukum 2010) selama berkuliah di Unpar. “Kenapa “Catatan dari Kampus”, karena yang ingin ditekankan itu adalah peranan mahasiswa, tentu orang-orang itu ada di kampus, ini merupakan catatan-catatan untuk kebangsaan yang hasilnya dari kampus,” jelas Richard.

Menurut Richard, ini hanyalah salah satu dari sekian banyak kontribusi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam menanggapi permasalahan di sekitar mereka yaitu dengan menulis. Rektor Unpar, Mangadar Situmorang mengapresiasi buku yang diterbitkan oleh Richard dan Norman. “Gaya bertutur dan bernarasi mereka luar biasa. Bukan bentuk keresahan atau kegalauan, tapi kepedulian,” ungkap Mangadar saat membuka acara peluncuran buku tersebut. Menurutnya, pendidikan menjadi sangat penting sebagai insan muda untuk menentukan mana yang baik dan kurang baik, Norman dan Richard memperlihatkan keterlibatan mereka. “Semoga buku ini berguna untuk yang muda dan mahasiswa,” harap Richard.

Acara Diskusi “Pemuda (mahasiswa) dan Kesadaran Berperan bagi Bangsa” & Peluncuran Buku “Catatan dari Kampus” sengaja diadakan bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional bertempat di Operation Room Gedung 0 lantai 4, Unpar. Turut hadir sebagai narasumber diskusi, Andreas Doweng Bolong yang merupakan seorang dosen sekaligus redaktur pelaksana buletin Sancaya, dan Yodi Nugraha, ketua MPM Unpar 2015-2016, dengan moderator Ernest C. Layman, mantan Wakil Presma Unpar 2014-2015.

ARYA MAHAKURNIA | HILMY

Exit mobile version