Demosnesia Ajak Mahasiswa Salurkan Aspirasi dengan Cara yang Positif

 

STOPPRESS MP, UNPAR – Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) Unpar mengadakan acara bertajuk Democracy of Indonesia (Demosnesia) pada Kamis (28/4) lalu. Acara yang mengangkat tema Revolusi Mental tersebut bertujuan untuk mewadahi mahasiswa agar menyalurkan aspirasinya lewat cara yang positif.

“Mahasiswa saat ini kerap menyampaikan aspirasinya dengan cara yang tidak menambah nilai positif seperti dengan cara yang anarkis,” ucap Kevin Halim (FH 2014) selaku Ketua Acara Demosnesia saat ditemui MP di tengah acara berlangsung. “Maka dari acara ini, mahasiswa diberi wadah untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara-cara yang positif dan memberi nilai tambah,” jelasnya.

Terkait dengan  cara-cara positif itu, Kevin menjelaskan bahwa hal itu terlihat dari pameran yang digelar. Menurut keterangan panitia, sudah ada 40 karya yang ditampilkan pada pameran baik dari  mahasiswa Bandung maupun Yogyakarta. “Dari karya-karya itu artinya sudah banyak mahasiswa menyampikan aspirasinya dengan cara-cara yang lebih positif,” ucapnya.

Selain itu, Kevin juga menyampaikan bahwa Demosnesia mengangkat tema Revolusi Mental karena merupakan suatu hal fundamental bagi suatu bangsa.  Berangkat dari hal yang fundamental itu, ia menjelaskan bahwa revolusi mental berkaitan dengan pola pikir mengenai demokrasi sehingga penting untuk mengubah generasi sebuah bangsa.  “Kita sebagai generasi penerus bangsa harus merubah pola pikir kita jika ingin menjadikan Indonesia lebih baik,” ujarnya.

Franz Magnis Suseno selaku salah satu pembicara dalam talkshow Demosnesia pun menyambut baik acara ini. Menurutnya, ada sebuah inisiatif yang menyadarkan anak muda bahwa ada saatnya ketika revolusi mental tidak bisa menunggu pemerintah, tetapi dimulai dari anak muda. “Saya anggap ini sebuah inisiatif yang bagus. Membuat kita sadar bahwa kita sendiri dan Anda sebagai anak mudalah yang harus memulai revolusi mental itu,” ujarnya.

VINCENT FABIAN THOMAS, VERONICA DWI LESTARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *