Dekanat FISIP Mengubah Konsep Bakdes

STOPPRESS MP, UNPAR – Salah satu acara tahunan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( FISIP) Unpar, Bakti Desa (Bakdes) memiliki konsep baru. Konsep baru yang dirancang oleh pihak fakultas ini lebih difokuskan kepada pembinaan karakter mahasiswa baru.

“Bakdes tujuannya untuk pembekalan karakter,” ujar Aknolt Kristian Pakpahan selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP, ketika ditemui di ruangannya pada Senin (14/9) siang. Ia juga berpendapat, konsep baru ini sesuai dengan visi dan misi Unpar untuk menyelenggarakan pendidikan yang humanum. ”Modelnya seminar, sharing, refleksi, seperti gladi yang diadakan LPH (Lembaga Pengembangan Humaniora) Unpar,” ujarnya.

Ia menjelaskan pula bahwa yang membedakan bakdes tahun ini dengan bakdes sebelumnya ialah bakdes tahun ini tidak akan menjadi tempat mahasiswa baru dilantik,menurutnya pelantikan sudah dilakukan saat ospek fakultas. “Bakdes sebelumnya kan ada semacam acara pelantikan, namun hal itu sudah kami lakukan saat SIAP, jadi sudah selesai,” jelasnya.

Mengenai konten acara bakdes kedepannya, fakultas ingin menanamkan 3 pembinaan karakter, yaitu anti korupsi, anti plagiarisme dan anti narkoba, tetapi  untuk tahun ini rencananya hanya anti korupsi dan anti plagiarisme.  Dalam bakdes tahun ini, kemungkinan besar hanya akan berfokus pada anti plagiarisme. “Kita belum yakin anti korupsi bisa karena belum ada jawaban resmi dari KPK dan waktunya mepet,” jelasnya.

Selain pembinaan karakter, juga akan ada kegiatan outdoor  berupa outbound. “Tujuannya supaya mahasiswa tidak bosan,” katanya.

Bakdes sendiri dilaksanakan hari ini pada Rabu (16/9) di Desa Wisata Ciburial. Diikuti oleh mahasiswa baru FISIP angkatan 2015 beserta dosen dan panitia baru yang sudah diusung oleh pihak fakultas.

ZICO SITORUS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *