LKM Lakukan Penggalangan Dana untuk Membantu Korban Bencana Asap Riau

STOPPRESS MP, UNPAR – Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM) Unpar melalui Direktorat Jenderal Pengabdian Masyarakat melakukan aksi “Penggalangan Dana untuk Saudara-Saudara Kita di Riau”. Aksi ini dilakukan untuk membantu korban bencana asap di Riau.

“Kita berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana agar mahasiswa-mahasiswa lain bisa ikut serta membantu masyarakat Riau,” ujar Direktur Jenderal Pengabdian Masyarakat, Syafia Mufnidarsih saat diwawancara melalui telpon pada Jumat (25/9) lalu. Hasil sumbangan ini nanti akan dipakai untuk membeli masker tipe N-95.

Aksi penggalangan dana ini dilakukan seluas-luasnya yaitu tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa Unpar saja tetapi orangtua mahasiswa dan masyarakat luas juga diperkenankan untuk turut memberikan donasi. Hal ini dikarenakan jumlah masker yang diperlukan banyak dan tidak murah. “Karena maskernya relatif mahal, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit,” ujar Syafia. Selain itu, aksi ini juga tidak memiliki batas waktu yang pasti agar masyarakat, khususnya mahasiswa Unpar yang belum sempat memberikan donasi, memiliki kesempatan untuk segera berpartisipasi.

Donasi penggalangan dana ini bisa dilakukan melalui 3 cara yaitu, melalui kotak donasi “berjalan” yang berada di sekitar Unpar pada waktu-waktu tertentu, melalui kotak donasi tetap yang berada di Sekretariat LKM, atau melalui transfer antar bank ke rekening yang tertera di poster penggalangan dana tersebut.

Melihat aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh LKM ini salah satu mahasiswa Unpar menyampaikan pendapatnya, “Kalau kata saya sih yang penting itu efektif atau tidaknya penggalangan dana ini, karena kalau tidak efektif sepertinya tidak akan membantu apa-apa bagi korban bencana di Riau,” ujar Adi Putra, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis 2011, saat diwawancara pada Senin (28/9).

Dalam melakukan aksi ini, LKM secara berkelanjutan melakukan komunikasi dengan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Riau, perihal perkembangan kondisi bencana asap. Sejauh ini, LKM telah melakukan pengiriman masker sebanyak 300 buah ke Riau yang dilakukan pada Senin (21/9) lalu. Dalam pengiriman ini, LKM berkerjasama dengan Korps Tenaga Sukarela (Korgala).

QUROTTA AINUN | ZICO SITORUS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *