Internal Inspector Menjalankan Fungsi KDM Tanpa Dasar Hukum

STOPPRESS MP, UNPAR – MPM mewacanakan II (Internal Inspector) yang akan mengemban fungsi KDM dianggap tetap bisa berjalan walaupun belum ada peraturan tertulisnya. (Baca: KDM Sementara Dijalankan Internal Inspector )

Sewaktu diwawancarai di sekretariat MPM pada Kamis (12/3) lalu, Robertus Bambang selaku ketua MPM menjelaskan bahwa belum adanya peraturan tertulis tidak menjadi masalah sebab hanya berbeda pada fungsi kerjanya saja. “Perubahannya kan tentang wewenang menandatangani peraturan selama ini tidak di buat di AD (Anggaran Dasar) dan ART (Anggaran Rumah Tangga). Jadi tidak semua peraturan bentuknya tertulis, tetapi ada kebiasaan juga,” katanya.

Menurutnya, II masih dapat menjalankan fungsi KDM walaupun hanya dalam bentuk kebiasaan. Kebiasaan yang dimaksud adalah tidak perlu dilakukan perubahan dasar hukum secara mendetail. Dengan kata lain, dasar hukum tentang II yang sebelumnya masih bisa dipakai. “Selama ini kan tidak di buat di AD ART (detil peraturan tertulisnya.red), jadi menerapkan  kebiasaan KDM di tahun depan yang ini tanpa dibuat peraturan tertulisnya juga tidak apa,” ucap Bambang.

Walaupun telah rampung, MPM merencanakan struktur baru akan diterapkan pada masa kepengurusan PM Unpar periode 2016/2017. Masa peralihan akan berlangsung pada periode 2015/2016.

VINCENT FABIAN

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *