Debat Cakahim FTI Gunakan Format Baru

STOPPRESS MP, UNPAR – Debat Calon Ketua Himpunan (Cakahim) Fakultas Teknologi Industri (FTI) periode 2015–2016 menggunakan format baru. Perbedaan itu terletak pada sesi debat yang mengganti pro-kontra dengan topik seputar masalah Unpar. Debat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Persatuan Mahasiswa (KPUPM) FTI ini berlangsung Rabu (22/4) di lantai 1 Gedung 10.

“Kalau yang berbeda dari format tahun lalu itu di sesi debat. Jika tahun lalu itu pro kontra sekarang itu pakai topik yang dibuat panelis,” ujar Refaldi Marlay (Teknik Kimia 2012) selaku ketua KPUPM FTI saat ditemui sehabis sesi debat cakahim HMPSTI (Himpunan Program Studi Teknik Industri).

Alasan perubahan format itu dilatarbelakangi lantaran format pro-kontra dianggap kurang mengena pada persoalan. Oleh karena itu, format debat dengan topik dianggap lebih tepat sasaran. “Kita mengganti pro-kontra karena agak aneh satu pro satu kontra soalnya yang didebatkan menjadi kurang jelas,” ucap Refaldi. “Saat ini topiknya tentang masalah Unpar jadi yang didebatkan lebih mengena dan jelas apa pendapat mereka masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Chandra Kurniata (Teknik Industri 2014) yang turut hadir pada kedua sesi debat HMPSTK dan HMPSTI menilai moderator debat sesi pertama kurang bisa menguasai penonton. “Karena kurang menguasai penonton, debat malah terbawa ke suasana bercanda. Berbeda dengan di sesi dua yang lebih kondusif dan serius karena moderator menguasai suasana,” katanya.

Hacin (Teknik Industri 2010) berkomentar mengenai debat cakahim kali ini yang dianggapnya sudah berjalan baik. “Ya udah bagus lah. Pertanyaan dari penonton baik dan jumlah penonton tidak sepi-sepi amat,” ujarnya. Hal senada juga diucapkan Ramadian (Teknik Kimia 2012) yang hadir pada debat itu. Menurutnya, kedua calon (Cakahim HMPSTK red.) sudah mengikuti debat dengan baik disertai respon masyarakat dan yang membuat debat tersebut berlangsung baik. (Debat Cakahim HMPSTK: Debat Didominasi Calon Nomor Urut 1)

Acara debat kandidat ini dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan visi dan misi berikut struktur dan program kerja kedua calon ketua himpunan. Sesi kedua pertanyaan-pertanyaan dari panelis yang diajukan kepada para calon. Sesi ketiga adalah sesi debat dengan topik dengan pertanyaan yang ditentukan panitia KPUPM. Sesi terakhir yaitu sesi ke-empat adalah sesi tanya jawab yang diberikan oleh rekan mahasiswa kepada kedua calon. (Debat Cakahim HMPSTI: Suasana Malam Tidak Mengurangi Semangat Kedua Calon)

Adapun, nama kedua cakahim dari HMPSTI adalah Yohanes Kevin dan Rickson I. Sedangkan dari HMPSTK adalah N. Orlando dan Wilson T.

VINCENT FABIAN

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *