Pemutaran Film Senyap: Membongkar Kesunyian Peristiwa 65

STOPPRESS MP, UNPAR – Bertepatan peringatan hari HAM sedunia, Sorge Magazine bersama Kelompok Studi Mahasiswa Pengkaji Masalah Internasional (KSMPMI) HI Unpar mengadakan pemutaran dan diskusi film The Look of Silence (Senyap) pada Rabu (10/12) di ruang audiovisual Fisip Unpar. Acara ini adalah bentuk penyadaran terhadap kasus pelanggaran HAM yang tidak diakui sejarah Indonesia.

“Acara ini penting supaya kita sadar juga di peristiwa 65-66 ada isu dimana ada lebih dari satu juta orang dibunuh cuma karena perebutan politik itu. Selama ini orang hanya fokus pada penyiksaan yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia),” ucap Nabila Ratna (Hubungan Internasional 2013) selaku perwakilan KSMPMI saat ditemui sehabis acara Rabu (10/12).

Setelah menonton film berdurasi 103 menit itu, acara dilanjutkan dengan diskusi.  “Sebetulnya acara yang begini harus diselenggarakan terutama untuk membuka cakrawala agar persepsi kita yang salah terkait dengan sejarah politik di Indonesia dapat diluruskan,” ujar Leo (Dosen Administrasi Publik Unpar) selaku salah satu narasumber pada diskusi itu.

Selain Leo, diskusi yang dimoderatori oleh Bramantya Basuki (Alumni HI Unpar) itu diisi juga oleh Budi Yoga Permana (Komisi Informasi), dan Gorivana Ageza (Komunitas Sinesofia).

Acara dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Mereka yang hadir tidak hanya dari kalangan mahasiswa Unpar, tetapi dari kampus dan komunitas di Bandung. “Acaranya lumayan penuh, nyaris tidak kebagian tempat duduk,” kata Shaqquile Noorman yang hadir pada pemutaran dan diskusi film Senyap ini. “Saya tertarik dengan acara ini karena film itu menyoroti kembali sejarah kelam yang tidak terceritakan supaya kita tidak lupa dan kejadian serupa tidak terulang lagi,” ucap mahasiswa Hubungan Internasional Unpar 2013 ini.

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan momentum hari HAM sedunia. Di samping itu, pemutaran film dan diskusi ini juga diselenggarakan secara serentak di kota-kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, dan sebagainya.

Senyap merupakan film karya Joshua Oppenheimer sebagai seri lanjutan dari film The Act Of Killing (Jagal).

VINCENT FABIAN

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *