Parkir Motor Penuh, Unpar Sediakan Lahan Baru

STOPPRESS MP, UNPAR –  Pasca perbaikan selokan dan trotoar, Biro Sarana dan Prasarana (BSP) Unpar mensosialisasikan penggunaan trotoar sebagai  lahan parkir khusus sepeda motor. Fasilitas lahan parkir khusus untuk sepeda motor ini telah dapat digunakan mahasiswa sejak tanggal 27 Januari 2014.

“Parkir untuk motor mahasiswa tersebut akan dikelola oleh LINMAS (Lintas Masyarakat) atau hansip yang ditunjuk oleh ketua RW,” kata Achmad B.A.A selaku Kepala Bagian K-3 (Kebersihan, Ketertiban, dan Keamanan) BSP. Pihak RW juga akan mengelola penetapan biaya parkir yang nantinya akan digunakan untuk menggaji petugas LINMAS tersebut. “Tentunya penetapan tarif tidak akan dilakukan secara sporadis,” katanya saat ditemui di ruang BSP Selasa (4/2).

Lahan yang awalnya akan digunakan untuk parkir kendaraan roda empat, sekarang hanya ditujukan untuk kendaraan roda dua. “Ini atas perintah dari rektor yang akhirnya memutuskan untuk merubah lahan tersebut sebagai parkir motor karena membludaknya jumlah motor yang parkir di dalam kampus,” ucap Achmad. Nanti parkiran motor yang ada di rooftop akan kami blokade dan tidak akan diperkenankan lagi untuk parkir motor disitu,” ujar Achmad.

“Dibukanya lahan parkir baru khusus sepeda motor juga sebagai sosialisasi yang tidak tertera secara jelas kepada mahasiswa untuk tidak mempergunakan mobil karena UNPAR tidak punya cukup lahan untuk itu,” lanjutnya lagi.

Terkait dengan adanya Pujasera di lahan yang sama, pihak BSP menganggap hal tersebut tidak ada masalah. “Sebenarnya mahasiswa kalau mau parkir sampai malam tetap bisa, tetapi lahan parkir akan dikurangi separuhnya agar tidak menghalangi pedagang yang berjualan,” ujarnya.  Jam operasional yang diberlakukan untuk parkir motor sendiri berlaku dari pukul 06.00 – 16.30 WIB.

Dengan adanya lahan baru, rooftop Gedung 10 yang sempat menjadi lahan parkir sementara tidak akan digunakan lagi. “Parkiran di rooftop akan kami tutup dan tidak diperkenankan lagi parkir motor di sana,” kata Achmad.

SHERLY NEFRIZA/ ADYTIO NUGROHO

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *