Kongres Pemilihan Ketua Ilumni FH UNPAR 2021

SIARAN PERS, MP-Kongres Pemilihan Ketua Ilumni FH Unpar periode 2021 akan tiba tidak berapa lama lagi. Melalui akun Instagram resmi kongres, dapat dilihat bahwa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada April 2021 ini mengusung tema “Kebersamaan untuk Indonesia.”

Saat dimintai keterangan, Visensius Manuela, Ketua Organizing Committee, menyatakan bahwa kongres ini diselenggarakan untuk melakukan pemilihan ketua umum DPP Ikatan Alumni Unpar periode 2021–2025. Pasalnya, kepengurusan Ivan Petrus Sadik telah memasuki masa purna tugas. Selain regenerasi kepemimpinan, Manuela juga menerangkan bahwa kongres ini sejatinya merupakan bagian dari pertumbuhan organisasi ikatan alumni, ada kaderisasi yang ikut berjalan dan pendekatan baru dengan pengurus yang baru tentu sangatlah dibutuhkan.

Dalam jalannya kongres, selain proses pemilihan ketua, akan ada agenda pertanggungjawaban yang dilaporkan oleh kepengurusan sebelumnya. “Bapak Ivan Sadik akan memberikan pertanggungjawaban atas kontribusi Beliau selama 4 tahun menjabat. Laporan itu akan dipergunakan sebagai mestinya dan dapat dijadikan refleksi atas kontribusi Bapak Ivan Sadik yang selama ini terus bekerja keras dan berkontribusi banyak terhadap FH Unpar,” papar Manuela. Mengenai tema acara, “Kebersamaan untuk Indonesia” dipilih sebagai representasi kerinduan dan komitmen yang dingin dibawa Alumni FH Unpar dalam setiap langkah. Di tengah kesulitan karena pandemi, tema ini diharapkan mampu mengingatkan para alumni akan tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya, tentunya sesuai dengan peran, profesi, dan pelayanan yang saat ini digeluti. “Tema ini juga menjadi refleksi dari sesanti Unpar, yakni Bahkuning Hyang Mrih Guna Santjaya Bakti atau ‘berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibuktikan kepada masyarakat’,” imbuh Manuela.

Di balik terselenggaranya suatu acara, tentu ada iringan harapan. Sekretaris Jenderal Ilumni FH Unpar Novio Manurung mengungkapkan bahwa dirinya dan rekan-rekan yang terlibat berharap kongres tahun ini akan melahirkan pemimpin baru yang kredibel dan kompeten. Selain itu, dirinya juga berharap kemudahan dan penggunaan teknologi yang masif dapat meningkatkan partisipasi anggota alumni. “Semoga akan semakin banyak alumni yang terlibat, bukan hanya pada proses pemilihan, namun juga pada kegiatan dan pada program kerja alumni lainnya,” ujarnya.

Dalam empat tahun terakhir, Ivan Sadik telah banyak membuat perubahan. Beliau berhasil merangkul lintas angkatan dan membuka jaringan dengan berbagai stakeholder , baik internal maupun eksternal. Selain itu, Ivan Sadik juga berhasil menguatkan internal organisasi melalui berbagai acara kebersamaan. Kemudian, program untuk memperkuat jaringan alumni dengan membangun data base alumni yang dirancang oleh Beliau juga sangat bermanfaat untuk FH Unpar; para lulusan FH Unpar dapat mencari pekerjaan dengan mudah. Banyaknya kontribusi yang dilakukan merupakan indikator kesuksesan Beliau dalam memimpin. Adapun janji kampanye yang diucapkan Ivan Sadik pada 2017 lalu, “Menjadikan FH Unpar sebagai pilihan utama mahasiswa yang ingin belajar hukum di Indonesia” dapat dikatakan sudah tercapai.

Foto dan materi pers oleh: Kongres Ilumni FH Unpar 2021

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *