Media Parahyangan

Menulis Untuk Indonesia

MP News of The Week Volume 2 (5 Mei – 15 Mei 2022)

6 min read

  1. Merebaknya Hepatitis Akut yang Merenggut Anak-anak  – 5 Mei 2022

Pada 27 April 2022, Pemerintah Indonesia telah mengumumkan tiga kasus pertama penyakit hepatitis misterius yang tiba-tiba menyerang kesehatan anak ini. Terhitung hingga Jumat (13/05) kasus kematian akibat dari penyakit ini sudah mencapai tujuh orang. Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menyatakan, tenaga kesehatan masih belum dapat mendeteksi virus apa yang menyebabkan berkembangnya penyakit ini. Gejala yang dirasakan oleh kebanyakan pasien hepatitis ini yaitu mual, muntah, diare, sakit perut hingga peradangan hati. Di sisi lain, banyak disinformasi yang diterima oleh masyarakat. Diantaranya, ada yang mengungkapkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh dampak buruk dari vaksin COVID-19. Padahal, berdasarkan data pemerintah, pengidap penyakit ini sebagian didominasi oleh anak-anak yang belum menerima dosis vaksin COVID-19. 

  1. Podcast Deddy Corbuzier dikritik Aktivis LGBTQ  – 7 Mei 2022 

Salah satu Public Figure legend, Deddy Corbuzier mengunggah podcastnya dengan pasangan homoseksual, Ragil Mahardika dan Frederick Vollert pada 7 Mei 2022. Youtuber dengan 18,6 juta pelanggan ini kemudian menghapus konten tersebut karena banyaknya komentar yang mengatakan bahwa konten tersebut merupakan kampanye yang membenarkan keberadaan LGBTQ di Indonesia. Seolah menyetujui pandangan tersebut, Deddy kemudian menghapus konten tersebut dan menyatakan bahwa beliau tidak mendukung adanya LGBTQ. Hal ini tentunya membuat para aktivis LGBTQ angkat bicara, Riska Carolina salah satunya. Menurutnya, hal ini akan mempersempit ruang diskusi dan menimbulkan tekanan yang lebih mendalam bagi kelompok LGBTQ. 

  1. Penyelam di Australia ditemukan Tewas dengan Kokain Senilai Rp203 M – 10 Mei 2022

Seorang penyelam ditemukan tewas pada Selasa tanggal 10 Mei lalu di bantaran Sungai Hunter di Kota Newcastle, Australia. Dilaporkan terdapat dua kapal boat di dekat lokasi kejadian sejak Minggu malam. Hal yang masih menjadi misteri terkait penemuan jasad penyelam tersebut adalah 50 kilogram kokain yang ditemukan bersamanya. Harga kokain tersebut diprediksi mencapai Rp 203 miliar. Investigator mengidentifikasi jasad penyelam tersebut berasal dari Amerika Selatan. Dia diduga masuk secara ilegal ke Australia sebelum kapal mereka tiba di pelabuhan. Aparat kepolisian menduga bahwa lelaki itu ditugaskan untuk mengambil paket kokain seberat 300 kilogram yang tenggelam. Maka dari itu, polisi masih mencari 200 kilogram kokain lain yang diduga sudah diambil dan diedarkan. Berdasarkan keterangan detektif Robert Critchlow, petugas sedang melakukan investigasi lebih lanjut terkait insiden yang menimpa penyelam tersebut.

  1. Penyandang Disabilitas Gagal Terbang karena Pejabat – 10 Mei 2022

Pada 10 Mei 2022, salah satu penumpang difabel Garuda Indonesia dari Kualanamu gagal terbang menuju Jakarta. Hal ini dikeluhkan oleh penumpang dengan kursi prioritas tersebut karena diduduki oleh salah seorang pejabat. Penumpang ini pun akhirnya harus mengatur ulang jadwal keberangkatannya. Menurut klasifikasi dari Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, hal ini terjadi karena adanya perubahan jadwal penerbangan sehingga terdapat penyesuaian nomor kursi penerbangan dan ketersediaan kursi. Namun, Irfan telah memberikan jadwal penerbangan baru dan memastikan kebutuhan service recovery untuk melanjutkan penerbangan penumpangnya tersebut. 

  1. Hiruk Pikuk Buruh terkait Omnibus Law dan Upah Rendah – 12 Mei 2022

Serikat Buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), mengirimkan petisi kepada Kantor Staf Presiden saat melakukan demonstrasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta mengenai isu ketenagakerjaan. Terdapat empat poin besar dalam petisi tersebut, pertama yaitu mengenai penolakan terhadap Undang-Undang Cipta Kerja. Kedua, menolak revisi Undang-Undang tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (RUU PPP). Para buruh menolak poin kedua karena dianggap akan memudahkan pengesahan omnibus law Cipta Kerja. Ketiga, para buruh juga menolak revisi UU No 21 tahun 2000 tentang Berserikat bagi Buruh. Terakhir yaitu mengenai omnibus law yang mempengaruhi upah pekerja menjadi lebih rendah. 

  1.  Walikota Ambon Menjadi Tersangka Kasus Korupsi – 13 Mei 2022 

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy ditahan selama 20 hari atas dugaan korupsi pemberian persetujuan izin prinsip pembangunan cabang usaha retail tahun 2020. Selain Richard, dua orang lainnya yang menjadi Staf Tata Usaha Pimpinan Kota Ambon yaitu Andrew Erin Hehanussa dan Amri juga ditahan sejak 13 Mei 2022 hingga 1 Juni 2022. Richard ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK pada Gedung Merah Putih, sedangkan Andrew ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1. Richard dan Andrew disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

  1. Ciputat, Tangerang Selatan Wilayah dengan Suhu Terpanas di Indonesia – 13 Mei 2022

Dilansir situs resmi BMKG, berdasarkan stasiun titik pengamatannya, Ciputat, Tangerang Selatan menjadi daerah dengan suhu terpanas sejak Minggu (7/5), dengan rata-rata suhu sekitar 35 hingga 36 derajat celcius.

Miming Saefudin selaku Koordinator Bidang Cuaca dan Peringatan Dini BMKG mengatakan, suhu udara di Bekasi dan Ciputat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari elevasi yang rendah, dekat dengan permukaan laut, minimnya daerah pepohonan, dan lahan yang didominasi oleh bangunan. “Serta ada kemungkinan tutupan awan di wilayah tersebut cukup meng-cover sinar matahari. Serta kondisi kelembaban udara yang berbeda, dimana kelembapan udara yang tinggi akan menyebabkan suhu udara terasa lebih gerah,” jelas Miming. 

  1. IHSG Berpotensi Melemah, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini – 13 Mei 2022

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh BEI. IHSG diperkirakan berada pada rentang 6.411 sampai dengan 6.678. “IHSG hari ini berpotensi melemah,” ujar CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya dalam risetnya, Jumat (13/5/2022). Faktor anjloknya IHSG diduga karena tingginya inflasi AS mendorong ekspektasi Federal Reserve (The Fed) tetap agresif menaikkan suku bunga. Meski begitu, William melihat peluang yang dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka panjang. Berikut beberapa rekomendasi dari Indosurya Bersinar Sekuritas, untuk saham-saham berpotensi dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya ada ITMG, ASII, TLKM, AALI, GGRM, JSMR, dan ASRI. 

  1. Jurnalisnya Tewas, Al Jazeera akan Seret Polisi Israel ke Pengadilan – 12 Mei 2022

Shireen Abu Akleh, jurnalis Al Jazeera terbunuh pada Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat. Menurut keterangan Al Jazeera, kala itu Shireen bersama rekannya sedang meliput penyerbuan kamp pengungsi Jenin oleh pasukan Israel. Al Jazeera yakin bahwa Shireen sengaja dibunuh oleh pasukan Israel. Pasalnya, Shireen dengan jelas mengenakan rompi pers yang mengidentifikasi dirinya seorang jurnalis ketika meliput.

  Al Jazeera juga mengatakan bahwa pembunuhan itu sebagai bagian dari tindakan Israel yang bertujuan untuk mencegah media menjalankan tugasnya. Media yang berbasis di Qatar itu menganggap Israel dan pasukan pendudukan bertanggung jawab atas pembunuhan Shireen. Media tersebut berjanji untuk memproses kasus itu secara hukum. Disebutkan bahwa Al Jazeera akan melayangkan tuntutan untuk mengadili pelaku.

  1. Thailand akan Bagikan 1 Juta Tanaman Ganja Gratis ke Warganya – 13 Mei 2022

Pemerintah Thailand berencana mendistribusikan satu juta tanaman ganja gratis ke rumah-rumah penduduk pada Juni mendatang. Aturan yang berlaku pada 9 Juni itu akan memungkinkan warga menanam tanaman ganja di rumah. Langkah ini merupakan upaya terbaru dalam rencana Thailand untuk mempromosikan ganja sebagai tanaman komersial. Kitty Chopaka, seorang pengusaha ganja yang berbasis di Bangkok, mengatakan bahwa kebijakan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat Thailand untuk menggunakannya dalam teh atau sup obat. Namun, ia juga menyebut akan ada konsekuensi dari aturan ini. “Meskipun penggunaan narkoba untuk bersenang-senang tetap ilegal, merokok ganja akan terjadi, dan tidak mungkin [pemerintah] dapat menghentikannya,” katanya.

References

BBC News. (2022, May 5). Hepatitis akut: Kasus suspek bertambah jadi 15 di Indonesia, benarkah disebabkan vaksin Covid-19? BBC News. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-61321788

BBC News. (2022, May 12). Podcast Deddy Corbuzier: Aktivis LGBTQ sayangkan permintaan maaf dan penghapusan konten Ragil-Fred – ‘Seolah sentimen dan diskriminasi itu dibenarkan’. BBC  News. https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-61389820 

CNN Indonesia. (2022, May 12). Demo Buruh Kirim Petisi ke KSP: Tolak Omnibus Law Hingga Upah Murah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220512140103-20-795931/demo-buruh-kirim-petisi-ke-ksp-tolak-omnibus-law-hingga-upah-murah 

CNN Indonesia. (2022, May 13). KPK Tahan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy. CNN Indonesia.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220513214616-12-796633/kpk-tahan-wali-kota-ambon-richard-louhenapessy 

Jannah, Selfie Miftahul. (2022, May 12). Kursi Prioritas Difabel Diserobot Pejabat, Dirut Garuda Minta Maaf. tirto.id. https://tirto.id/kursi-prioritas-difabel-diserobot-pejabat-dirut-garuda-minta-maaf-grTA 

METROTVNEWS.COM. (2022, May 13). Kasus Kematian Diduga Akibat Hepatitis Akut Misterius di Indonesia Bertambah Jadi 7 Orang. METROTVNEWS.COM. https://www.metrotvnews.com/play/NgxCr4do-kasus-kematian-diduga-akibat-hepatitis-akut-misterius-di-indonesia-bertambah-jadi-7-orang 

Indonesia, C. (2022). Pancaroba di Indonesia, ‘Planet’ Bekasi Lebih Panas dari Ciputat?. Retrieved 13 May 2022, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220513084144-199-796255/pancaroba-di-indonesia-planet-bekasi-lebih-panas-dari-ciputat

Times, I., & Sebayang, R. (2022). Thailand Akan Bagikan 1 Juta Tanaman Ganja Gratis ke Warganya. Retrieved 13 May 2022, from https://www.idntimes.com/business/economy/rehia-indrayanti-br-sebayang/thailand-akan-bagikan-1-juta-tanaman-ganja-gratis-ke-warganya/1

Times, I., & Patrio, Z. (2022). Jurnalisnya Tewas, Al Jazeera Akan Seret Polisi Israel ke Pengadilan. Retrieved 13 May 2022, from https://www.idntimes.com/news/world/zidan-patrio/jurnalisnya-tewas-al-jazeera-akan-seret-polisi-israel-ke-pengadilan-c1c2/2Gerah Banget! Suhu Ciputat Paling Panas Se-Indonesia. (2022). Retrieved 13 May 2022, from https://inet.detik.com/science/d-6075082/gerah-banget-suhu-ciputat-paling-panas-se-indonesia

Penulis: Reysha Carnimata P., Fiorela Sofian

Editor: Eleazar Casaldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.