Media Parahyangan

Menulis Untuk Indonesia

MP News of The Week Volume 1 (22 Maret – 5 April 2022)

7 min read

  1. Buntut Panjang Konflik Luhut bersama Haris Fastia Pasal Pencemaran Nama Baik – 25 Maret 2022

Direktur Lokataru Haris Azhar bersama dengan Koordinator KontraS Fastia Maulidiyati telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencemaran nama baik oleh menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Keduanya dilaporkan secara langsung kepada Polda Metro Jaya oleh menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi, atas pengaruh percakapan oleh kedua belah pihak dalam sebuah kanal Youtube. Dalam kanal Youtube tersebut, Haris dikabarkan melayangkan sebuah kalimat yang dianggap melakukan pencemaran nama baik kepada menko kemaritiman dan investasi. Beliau mengatakan bahwa Luhut telah bermain dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Hal tersebut yang membuat  permasalahan tersebut berbuntut panjang, hingga sampai di tangan kepolisian. Sebelum melaporkan kepada pihak kepolisian, Luhut sempat memberikan somasi kepada Haris dan Fastia, sekaligus memberikan sejumlah tuntutan salah satunya adalah permintaan maaf. Hingga saat ini, permasalahan tersebut masih belum terselesaikan dengan baik antar kedua belah pihak.

  1. Kisah Pilu Kenaikan Harga Minyak di Indonesia ditengah Pandemi – 25 Maret 2022

  Kondisi ekonomi Indonesia saat ini mengalami ketidakstabilan yang berdampak pada harga komoditas di dalam pasar domestik. Salah satu penyebab utamanya adalah kenaikan harga minyak yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir. Pemerintah telah membuat kebijakan untuk pasar tradisional dengan menetapkan harga eceran tertinggi untuk minyak curah seharga Rp. 14.000 per liter hingga Rp. 15.000 per liter. Tetapi, pada kenyataannya harga yang ditetapkan jauh dari ekspektasi. Harga minyak melambung tinggi mencapai angka Rp. 20.000 per liter dalam kurun waktu satu hari. Belum lagi, saat ini minyak menjadi salah satu komoditas langka pasca penurunan harga sebelumnya. Minyak memiliki nilai esensi yang cukup tinggi karena merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat, sehingga harga yang fluktuatif mempengaruhi aktivitas serta kondisi ekonomi di Indonesia.

Selain itu, kelangkaan minyak dan perubahan harganya disebabkan oleh konflik yang memiliki dampak secara global salah satunya konflik Rusia dan Ukraina. Rusia sendiri merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Konflik tersebut memberikan dampak terhadap kondisi ekonomi dunia karena adanya sanksi ekonomi yang diberikan oleh beberapa negara barat terhadap Rusia. Hambatan distribusi logistik akibat dari sanksi ekonomi saat perang membuat harga minyak mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

  1. Taliban mencegah anak perempuan diatas kelas 6 sekolah dasar untuk kembali ke sekolah – 24 Maret 2022

Kehadiran Taliban di Afghanistan untuk mengambil alih kekuasaan, memberikan dampak pada kebijakan-kebijakan yang berlaku di sana terutama terhadap perempuan. Salah satu kebijakan yang menghambat wanita di Afghanistan adalah larangan bagi wanita untuk pergi untuk sekolah. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Afghanistan, dimana pada awalnya Taliban sudah memperbolehkan Perempuan mulai dari kelas 6 keatas untuk bersekolah, tetapi beberapa jam setelah sekolah dibuka, aturan ini dibatalkan oleh pemerintah Taliban, dengan dalih seragam sekolah untuk perempuan masih akan disiapkan. Tentunya peraturan ini membawa kekecewaan, yang cukup besar terutama bagi perempuan di Afghanistan yang ingin melanjutkan pendidikan mereka, demi masa depan mereka yang lebih cerah, dimana sebagian besar dari mereka yang sudah sampai di sekolah lalu diperintahkan lagi untuk pulang kerumah sambil menangis. 

  1. Pemecatan Dokter Terawan dari IDI – 27 Maret 2022

Pemecatan Dokter Terawan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) oleh MKEK (Majelis Kehormatan Etik Kedokteran), menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Alasan pemecatan terhadap Dokter Terawan sendiri belum mendapatkan konfirmasi yang jelas dari IDI, tetapi menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiedes Laka Lena, pemecatan terhadap dokter terawan disebabkan oleh terapi Cuci Otak dan Vaksin Nusantara yang dinilai tidak sesuai dengan kaidah etik kedokteran. Akibat dari pemecatan ini, Dokter Terawan terancam tidak bisa mendapatkan izin praktik lagi. Peristiwa ini disayangkan oleh beberapa masyarakat Indonesia, karena Dokter Terawan dianggap mampu membuat penemuan kesehatan demi kesembuhan masyarakat Indonesia dari beberapa penyakit. 

  1. Menkominfo mengusulkan pemilu 2024 berbasis online – 23 Maret 2022

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usulkan pemilu 2024 berbasis online. Gagasan ini ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Digitalisasi Pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Pengadopsian teknologi digital dalam Pemilu memiliki manfaat untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam proses kontestasi politik, baik dalam tahapan pemilih, verifikasi identitas pemilih, pemungutan suara, penghitungan suara hingga transmisi dan tabulasi hasil pemilu,” kata Johnny melalui keterangan resminya pada Rabu (23/3/2022).Pengamat Adi Prayitno mengkritik bahwa persiapan akan memakan waktu cukup lama dan dasar hukum yang ada belum cukup kuat. Ini bukan kali pertama Indonesia memanfaatkan teknologi untuk pemilihan umum. Sebelumnya aplikasi bernama Sirekap diuji pada pemilu 2020  oleh petugas TPS dengan memindai hasil rekapitulasi di TPS masing-masing. Hasil langsung masuk ke dalam sistem untuk direkapitulasi dengan TPS lainnya. KPU mengklaim sistem ini dapat memangkas waktu pelaksanaan rekapitulasi suara.

  1. Staf Sri Mulyani menegaskan jasa pawang hujan Mandalika termasuk sebagai utang pajak – 22 Maret 2022

Menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan jasa pawang hujan masuk sebagai terutang pajak yang berarti pihak pemberi kerja wajib memotong pajak penghasilan sesuai dengan (PPh) Pasal 21. Berdasarkan informasi yang beredar di media, Rara disewa selama 21 hari dengan bayaran satu hari sebesar 5 juta rupiah jika ditotal maka pendapatannya selama bekerja menjadi pawang hujan adalah sebesar 105 juta rupiah.Yustinus mengatakan pemberi kerja yang wajib memotong PPh, karena berdasarkan menurut pasal 21 pemberi kerja wajib pajak badan maupun orang pribadi menurut undang-undang wajib menjadi pemotong pajak.”Batasan penghasilan yang menjadi objek pajak mengikuti pedoman. Jika tak dipotong wajib bayar dan lapor sendiri,” jelas Yustinus.

  1. Peristiwa ‘Black Swan’ akibat konflik Rusia – Ukraina –  22 Maret 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan dunia sedang menghadapi ketidakpastian baru atau black swan. Teori black swan pertama kali diungkapkan oleh profesor Nassim Nicholas Taleb yang bermakna penurunan drastis pada bidang ekonomi, serta berdampak negatif pada pasar dan investasi. Dikutip dari CNN, “Ekonomi global di 2022 diperkirakan lebih lambat 4,1% hingga 4,5% data OECD, WB. Berbagai faktor yaitu ketidakpastian akibat varian baru, disrupsi rantai pasok global, konflik geopolitik Rusia-Ukraina sebagai ketidakpastian baru atau black swan” . Menurut Airlangga, konflik kedua negara dapat berdampak pada inflasi yang sudah meningkat akibat pandemi. Kendati demikian, Airlangga optimis pertumbuhan ekonomi RI dapat tembus 5,2% pada 2022, dalam hal ini angka tersebut masih sesuai dengan target APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2022.

  1. Kebijakan PPLN, Tarawih dan Mudik 2022 – 23 Maret 2022 

Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan terkait kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) , Tarawih, dan mudik. Jokowi menegaskan bahwa kasus Covid 19 di Indonesia hingga 22 Maret 2022 kian membaik. Oleh karena itu, pemerintah memberikan beberapa kelonggaran, dalam hal ini PPLN tidak perlu karantina dan hanya perlu melakukan test PCR. Selain itu, Sholat Tarawih berjamaah di masjid diperbolehkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, serta mudik lebaran diperbolehkan dengan syarat pemudik telah melakukan vaksin 2x dan 1x booster (Asmara, 2022).

  1. DPR anggarkan APBN 48,7 miliar untuk membeli gorden baru – 30 Maret 2022

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan sudah semestinya gorden rumah dinas DPR di Kalibata, Jakarta Selatan diganti. Pembelian gorden bukan anggaran pertama DPR yang menjadi polemik. Setjen DPR sebelumnya kerap menganggarkan Rp 2 miliar untuk multivitamin September 2021 lalu yang kemudian dibatalkan. Misbah Hasan  selaku Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran mendesak DPR membatalkan pembelian gorden rumah dinas senilai 48,7 miliar. Dikutip dari CNN Indonesia, Misbah menyatakan para anggota DPR bisa membeli gorden baru menggunakan gaji pribadi dan tunjangan yang sangat besar besar dari negara.

  1. BSU Pekerja Berpenghasilan Dibawah 3,5 juta – 5 April 2022

Sebanyak 8,8 juta pekerja dengan gaji dibawah 3,5 juta akan mendapatkan BSU (Bantuan Subsidi Upah) dari Pemerintah Indonesia. Adapun tujuan diberikannya BSU tersebut untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.. Bantuan ini sendiri, masih diperhitungkan oleh badan anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) yang nantinya akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja Indonesia tersebut. Berdasarkan laporan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan bahwa bantuan ini akan segera diberikan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022 berlangsung. 

References

Anggen, M. (2021, February 22). Pengertian Teori Black Swan dalam Dunia Bisnis. QuBisa. https://www.qubisa.com/article/teori-black-swan 

Asmara, C. G. (2022, March 23). Simak! Pernyataan Lengkap Jokowi soal PPLN, Tarawih dan Mudik. CNBC Indonesia. Retrieved March 27, 2022, from https://www.cnbcindonesia.com/news/20220323180409-4-325433/simak-pernyataan-lengkap-jokowi-soal-ppln-tarawih-dan-mudik 

CNN Indonesia. (2022, March 22). Menko Airlangga Sebut Dunia Hadapi Black Swan Gegara Rusia-Ukraina. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220322140613-532-774652/menko-airlangga-sebut-dunia-hadapi-black-swan-gegara-rusia-ukraina 

CNN Indonesia. (2022, March 22). Stafsus Sri Mulyani Ingatkan Pawang Hujan Juga Kena Pajak. CNN Indonesia. Retrieved April 3, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220322151108-532-774697/stafsus-sri-mulyani-ingatkan-pawang-hujan-juga-kena-pajak 

Hasibuan, L. (2022, March 27). 5 Alasan Terawan Dipecat dari IDI dan Tak Bisa Praktik Lagi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220327122433-4-326350/5-alasan-terawan-dipecat-dari-idi-dan-tak-bisa-praktik-lagi 

The Jakarta Post. (2022, March 23). Defending civic space – Thu, March 24 2022. The Jakarta Post. Retrieved April 3, 2022, from https://www.thejakartapost.com/paper/2022/03/23/defending-civic-space.html 

Laoli, N. (2022, March 25). Harga Minyak Goreng Kemasan Meroket, Minyak Goreng Bersubsidi Malah Langka. nasional kontan. Retrieved March 27, 2022, from https://nasional.kontan.co.id/news/harga-minyak-goreng-kemasan-meroket-minyak-goreng-bersubsidi-malah-langka 

Menkominfo Usul Nyoblos via Internet di Pemilu 2024. (2022, March 23). CNN Indonesia. Retrieved April 3, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220322213214-32-774894/menkominfo-usul-nyoblos-via-internet-di-pemilu-2024 

Popalzai, M., & Stambaugh, A. (2022, March 24). Taliban postpones return to school for Afghan girls above 6th grade. CNN. Retrieved April 3, 2022, from https://edition.cnn.com/2022/03/23/asia/taliban-girls-school-delay-afghanistan-intl/index.html 

Pratama, W. P. (2022, March 14). Konflik Rusia Ukraina Dikhawatirkan Picu Krisis Minyak Global. Ekonomi Bisnis.com. Retrieved March 27, 2022, from https://ekonomi.bisnis.com/read/20220314/9/1510639/konflik-rusia-ukraina-dikhawatirkan-picu-krisis-minyak-global 

Raharjo, D. B. (2022, March 25). Haris Azhar dan Fatia Tersangka Kasus Luhut, Aktivis HAM: Pemerintah Mau Beri Pesan Jangan Main-main Angkat Isu Papua. Suara.com. Retrieved April 3, 2022, from https://www.suara.com/news/2022/03/25/214107/haris-azhar-dan-fatia-tersangka-kasus-luhut-aktivis-ham-pemerintah-mau-beri-pesan-jangan-main-main-angkat-isu-papua 

Rahmawati, W. T. (2022, March 2). Dampak Perang Ukraina dan Rusia, Harga Minyak Naik. nasional kontan. Retrieved March 27, 2022, from https://nasional.kontan.co.id/news/dampak-perang-ukraina-dan-rusia-harga-minyak-naik 

Pemerintah Kembali Salurkan Bantuan Subsidi Gaji/Upah. (2022). Retrieved 5 April 2022, from https://setkab.go.id/pemerintah-kembali-salurkan-bantuan-subsidi-gaji-upah/#:~:text=%E2%80%9CTujuan%20dari%20BSU%20ini%20selain,06%2F04%2F2022). Sekretariat Kabinet RI

Penulis: Theresa Aurel, Bennedictus Iskandar, Galih Rifki W., Reysha Carnimata P.

Editor: Eleazar Casaldo

Leave a Reply

Your email address will not be published.