UNPAR Mengajar : Berbagi Ilmu dengan SMP Kuntum Cemerlang

Sebagai upaya dalam mencerdaskan anak bangsa, BEM UNPAR mengadakan rangkaian kegiatan bakti mengajar untuk siswa/i SMP Kuntum Cemerlang bertajuk UNPAR Mengajar. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 23 Agustus 2021 dengan beragam sesi yang menarik dan edukatif. Rangkaian kegiatan utamanya adalah sesi pemaparan ilmu Bahasa Inggris, sesi pemaparan public speaking, mini seminar serta sharing oleh native speaker

Sesi Materi Bahasa Inggris 5W+1H

Pada sesi pertama, siswa/i diberikan materi yang berkaitan dengan ilmu Bahasa Inggris khususnya 5W (what, when, where, who, why) + 1H (how). Pemateri menyampaikan bagaimana menggunakan 5W+1H dengan cara yang benar serta bagaimana cara menjawabnya. Sesi diawali dengan pertanyaan ringan terkait pengalaman siswa/i yang hadir dalam acara UNPAR Mengajar. Hal yang menarik adalah nyatanya hampir seluruh siswa/i SMP Kuntum Cemerlang sudah cukup fasih menggunakan Bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan. Tidak hanya itu, siswa/i juga disuguhi materi video berupa animasi pendek yang wajib diperhatikan guna menjawab pertanyaan 5W+1H yang akan diberikan. Dalam sesi ini, siswa/i dibagi ke dalam kelompok yang telah ditentukan oleh pemateri. 

Cuplikan Sesi Materi Public Speaking

Tak kalah bermanfaat, materi selanjutnya membahas soal tata cara public speaking yang baik dan benar. Materi ini terbagi ke dalam dua sesi yakni sesi yang dibawakan oleh pemateri UNPAR Mengajar serta sesi mini seminar yang dibawakan oleh Fiqih Aghniyan Hidayat. Materi ini diawali dengan mini games yang diikuti oleh semua peserta yang hadir, berupa games tebak gambar dari kategori yang dipilih. Setelah mini games berakhir, pemateri melanjutkan penjelasan mengenai public speaking kepada siswa/i. Peserta kemudian diajak untuk memberanikan diri melakukan public speaking, meskipun akhirnya hanya beberapa yang tampil karena keterbatasan waktu. Di akhir sesi, pemateri memberikan kembali materi video yang wajib disimak oleh siswa/i untuk dapat menjawab pertanyaan yang akan diberikan. Berbeda dengan sebelumnya, pertanyaan lebih bersifat umum dan tidak khusus membahas public speaking.

Cuplikan Sesi Mini Seminar Materi Public Speaking oleh Fiqih Aghniyan Hidayat

Materi public speaking dilanjutkan oleh Fiqih Aghniyan Hidayat yang merupakan Duta GenRe (Generasi yang Punya Rencana) Indonesia 2020 melalui mini seminar. Fiqih melakukan ice breaking yang unik dan seru untuk beberapa saat guna menyegarkan kembali semangat para peserta, kemudian dilanjut dengan pemaparan materi. Public speaking sangat berguna untuk memberikan informasi hingga untuk kegiatan persuasif. Mini seminar ditutup dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan siswa/i melalui QnA.

Pada sesi terakhir, siswa/i diajak mendengarkan sharing dari native speaker yang dibawakan oleh Mark Richardson yang berkebangsaan Australia. Ia sering berkeliling dunia untuk merintis karir dan sekarang tinggal di Cirebon seraya merintis karir sebagai Project Control Manager untuk Mitsubishi Power Cirebon. Mark mengajak para peserta untuk meningkatkan kesadaran mengapa Bahasa Inggris itu penting dipelajari. Banyak sekali kesempatan serta keuntungan jika siswa/i dapat fasih menggunakannya. Salah satunya adalah memberikan peluang membangun relasi yang lebih luas hingga bekerja di perusahaan luar negeri yang cukup bergengsi. Penggunaan Bahasa Inggris disertai keterampilan berbicara yang mumpuni penting dikuasai mengingat ilmu profesionalisme sudah harus mulai dipupuk sejak dini. Kegiatan pengembangan soft skills sangat berguna sebab pada umumnya, sekolah terlalu fokus pada hard skills siswa/i-nya. Sekolah dalam hal ini diharapkan ikut berperan aktif dalam mengikutsertakan siswa/i-nya di kegiatan lain seperti UNPAR Mengajar agar siswa/i-nya memiliki keterampilan lain, serta mempersiapkan kompetensi mereka di dunia kerja. Diharapkan Unpar Mengajar dapat membuka potensi serta mengembangkan keterampilan siswa/i tidak hanya terbatas pada SMP Kuntum Cemerlang, tetapi pada sekolah-sekolah dan berbagai jenjang pendidikan lain dalam penguasaan bahasa asing, public speaking, maupun ilmu lainnya yang dapat dibagikan.

Penulis : I Kadek Dwiky Wisnu Wijaya

Editor : Agnes Zefanya Yonatan, Debora Angela

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *