[STOPPRESS] Kepala BKA Menyatakan Tidak Ada Rencana Diskusi Publik Dengan BEM

jadinya publik gak nih?

STOPPRESS, MP-Pietre Gunawan, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), menyatakan bahwa tidak ada rencana diskusi publik dengan BEM.

Saat diwawancara oleh tim MP melalui pesan Whatsapp sore hari ini (14/4), Pietre, yang akrab disapa sebagai Mas Gun merasa bahwa tidak ada perubahan mengenai rencana yang dimaksud. “Kami mengajukan ke rektorat sesuai dengan surat dari BEM, yakni permohonan audiensi dengan pihak rektorat,” jelasnya. Surat itu sendiri diajukan oleh BEM, berdasarkan keterangan Mas Gun, sekitar akhir bulan Maret lalu.

“Setelah dicermati kembali di surat, memang tidak tertulis soal diskusi publik tersebut,” tegasnya, “bahwa hasilnya nanti oleh BEM akan diinformasikan lagi, itu ada di kewenangan BEM.” Menurutnya, pelaksanaan audiensi tetap dilakukan untuk ‘menghormati permohonan BEM untuk audiensi dengan rektorat.’ Mas Gun sendiri mengakui ia tidak memegang surat permohonan audiensi BEM, “Karena semua (red. surat) masuk lewat tata usaha BKA ke rektorat.”

Informasi ini sendiri bermula dari pengumuman Mas Sapto (Saptono P.W.) melalui grup Whatsapp forum UKM Unpar 2021. Awalnya, pada Rabu (13/04) pk. 17:17 sore, Mas Sapto memberitahukan adanya ‘acara audiensi rektorat dan mahasiswa tentang bantuan keuangan dan pembelajaran daring’ dan menyertakan link undangan Zoom untuk acara tersebut. “Bila berminat, silahkan hadir,” tambahnya.

Pengumuman tersebut kemudian direvisi pada siang hari ini, pk. 14:39, dengan perubahan bahwa peserta yang diizinkan hadir dalam acara tersebut dibatasi hanya dari BEM dan rektorat. Mas Sapto berujar, “Mohon maaf dan mohon diabaikan saja informasi tersebut (red. pengumuman acara).” Audiensi ini sendiri tidak bisa disaksikan secara live, menurut Mas Sapto, karena memakai akun Zoom Meeting milik kantor sekretariat rektorat. Ia menambahkan, “Apabila ada perubahan akan saya kabarkan.” Informasi ini kemudian dilanjutkan dengan wawancara MP dengan Mas Gun.

Sebelumnya, BEM Unpar menyatakan akan diselenggarakan diskusi publik bertajuk “Sebab Mutlak Bantuan Keuangan Harus Turun” pada esok, Kamis 15 April 2021. Diskusi ini sendiri, menurut pengumuman yang dikeluarkan oleh BEM, sifatnya terbuka untuk umum dan ditujukan untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa ke pihak kampus utamanya mengenai efek pandemi pada perekonomian dan kebutuhan mahasiswa. Sampai sekarang, belum ada keterangan resmi atau respon lebih lanjut dari BEM mengenai keterbukaan diskusi ini maupun keterlibatan instansi lain yang bertugas menyampaikan aspirasi mahasiswa, seperti Senat Mahasiswa atau organisasi lainnya.

Penulis: Hanna Fernandus
Editor: Debora Angela

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *