Terjadi Perubahan Ditutupnya Waktu Pemilihan Umum Secara Sepihak

STOPPRESS MP, UNPAR – Hari kedua PUPM Unpar (Pemilihan Umum Persatuan Mahasiswa) Unpar (26/04) diwarnai perubahan waktu yang awalnya berakhir pukul 17.00 WIB, diganti menjadi 16.45 WIB.

Perubahan ditutupnya waktu pemilihan umum dirasakan oleh mahasiswi FISIP,  Shafira (HI 2009), yang kemudian tidak bisa menyumbangkan suaranya di pemilihan umum kali ini. “Padahal saya datang ke TPS sekitar jam 5 kurang 10 (16.50 WIB), tapi akhirnya ga bisa milih karena udah ditutup.” Shafira kemudian menjelaskan bahwa dia tidak mengetahui perihal perubahan waktu berakhirnya pemilihan umum.

Ketika dikonfirmasi menanggapi kasus Shafira, Ahmad Surya Fahruri (HI 2009) menjelaskan bahwa KPU sudah menyediakan dua hari untuk Pemilihan Umum untuk menghindari mahasiswa yang tidak bisa memberikan suaranya. “Pemungutan suara berapa menit sih?, paling 3 sampe 5 menit.” Dia juga menyayangkan selintingan mahasiswa yang menunda-nunda untuk meyumbangkan suara. “Apa bedanya sih nyoblos hari pertama atau kedua?”

Di sisi lain, Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Kevin Tigana (HI 2009) menjelaskan bahwa peristiwa perubahan waktu pemilihan merupakan himbauan KPU Pusat kepada KPU Fakultas guna mempercepat waktu penghitungan suara, terutama pada sesi penghitungan Capresma-Cawapresma. “Kita tidak mau penghitungan suara berjalan terlalu lama, sehingga dirasa perlu untuk memotong waktu pemilihan,” jelasnya.

(Adytio Nugroho, Bajik Assora)

3 Comments

  1. KM-UNPAR said:

    biar 15 menit tapi hak asasi seseorang sudah kamu langgar!!!

    pelanggaran hak asasi terhadap satu orang adalah pelanggaran hak asas seluruh orang!!

    Jangan berlindung kepada kewenangan dan jabatan untuk menutupi kebodohan nalar kalian yang nyata!!

  2. lola said:

    yang bener aja dong, mas mas sekalian.. konsistensi kalian sama peraturan tentang pemilu itu di mana? bukannya ada, ya? atau ga ada? kalo untuk event besar begini aja ga ada dasar hukum yang konkrit, lantas dasar kalian untuk memutuskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemilu itu dari mana? perihal penghitungan suara, ga berpengaruh, dong.. wong, yang esensial itu suara suara yang menjadi hak pemilih tersalurkan, bukan untuk meringankan kerja kalian dalam hal penghitungan suara.. gimana, sih?

*

*

Top