Profil

Media Parahyangan (MP) adalah salah satu dari sekian banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Unpar. Namun MP adalah satu-satunya UKM yang bergerak di bidang jurnalistik. Organisasi MP pertama kali berdiri pada tahun 1991. Terbitnya satu majalah bernama “ParaHyangan” menjadi penanda pertama kali organisasi MP berdiri. Dan sejak saat itu, MP terus berdinamika hingga mencapai bentuknya yang sekarang.

Seluruh gerak keorganisasian MP ditujukan untuk satu hal, yaitu memenuhi perannya sebagai PERS di kampus Unpar. Peran itu menuntut MP menjadi portal dan sumber segala informasi dan berita mengenai Unpar.

MP memenuhi peran itu dengan mengeluarkan tiga terbitan: Stoppress, Warta Kampus Jingga, dan Majalah Parahyangan. Melalui Stoppress, MP menyajikan berita-berita dalam kampus yang aktual. Melalui Wakaji, MP menyajikan berita-berita dan infomasi analitis dan mendalam, lebih sering disebut sebagi in-depth reporting. Tapi MP tak hanya menerbitkan berita-berita lingkup kampus saja. Produk terbitan MP yang terakhir, yakni Majalah Parahyangan, berisikan tulisan-tulisan dengan tema lingkup Nasional. “Menulis untuk Indonesia” adalah tajuk majalah kami.

Demi memupuk kepercayaan pembaca yang mengharapkan berita-berita terpercaya, sekaligus mengembangkan kapasitas anggota, MP mengadakan berbagai macam Pendidikan dan Pelatihan (diklat). Diklat ini diadakan guna menjamin berita-berita yang diterbitkan MP berkualitas dan akurat.

MP juga mengerjakan banyak hal yang mungkin tak berkait secara langsung dengan jurnalistik, seperti Klab Menulis, nonton bareng, diskusi rutin, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut sifatnya bebas dan terbuka, artinya tak hanya anggota saja yang boleh ikut serta, tapi semua mahasiswa.

Top